Kegiatan Rekredensialing BPJS Kesehatan

Kegiatan Rekredensialing BPJS Kesehatan

Rekredensialing merupakan proses evaluasi ulang terhadap persyaratan kerja sama yang meliputi sumber daya manusia (SDM), kelengkapan sarana dan prasarana, serta lingkup dan komitmen pelayanan. Rekredensialing BPJS Kesehatan KC. Solok dan Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto ini untuk memastikan pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS sudah sesuai dengan standar pelayanan.

Rekredensialing BPJS di RSUD Sawahlunto dilaksanakan pada hari Selasa (21 November 2023) dimulai pukul 09.00 WIB yang bertempat di ruang Aula yang diikuti oleh Direktur, Ketua-ketua Tim kerja dan Kepala-kepala Instalasi di lingkung RSUD Sawahlunto. Sedangkan untuk Tim Visitasi terdiri dari Tim Visitasi Rekredensialing BPJS Kesehatan KC. Solok, perwakilan PERSI Sumbar (DR. dr. Yefri Zulfiqar, FtB, FtU (K), M.Kes ) dan Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto.

Survey dan monitoring dilanjutkan dengan telaah lapangan ke seluruh fasilitas pelayanan, diantaranya : Laboratorium, Rawat Inap, Ruang Haemodialisa, Instalasi Rawat Jalan, dan Instalasi Gawat Darurat serta CSSD, Farmasi, Rehab Medik. Kredensialing bermanfaat untuk menghindari penerimaan fasyankes yang tidak bermutu dan tidak memenuhi standar; mendukung pemberian pelayanan kesehatan yang bermutu bagi peserta JKN, mendukung persyaratan legal dan dapat mendorong kompetisi antar fasyankes untuk menjadi provider JKN.

 

Tujuan dari rekredensialing ini diharapkan RSUD Kota Sawahlunto, mampu memenuhi standar kelayakan kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk Tahun 2024.

0 Komentar