Asupan Makanan untuk Pasien Covid-19 agar Imun Tubuh Kuat

Asupan Makanan untuk Pasien Covid-19 agar Imun Tubuh Kuat

Makanan untuk pasien Covid diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena hingga saat ini belum ada obat yang dapat melawan virus corona. Dengan mengonsumsi makanan sehat, tubuh akan memiliki imunitas yang kuat untuk dapat melawan Covid-19.

Untuk melawan COVID-19, belum ditemukan obat yang efektif untuk membunuh virus ini. Sistem kekebalan tubuh jadi satu-satunya yang bisa diandalkan untuk menghilangkan virus corona dari dalam tubuh. Dan untuk memiliki respons kekebalan yang lebih kuat, Anda disarankan mengonsumsi makanan untuk pasien Covid yang kaya akan protein nabati, vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Dokter akan merekomendasikan pasien COVID-19 untuk beralih ke pola makan nabati, apalagi bagi pasien yang berada dalam kelompok risiko tinggi, seperti kegemukan, diabetes, dan berusia di atas 60 tahun.

Pasien COVID-19 disarankan untuk mengurangi makanan penyebab peradangan seperti: produk susu, makanan olahan, dan daging agar kekebalan tubuh menguat.

Selain mengonsumsi makanan untuk pasien Covid yang mengandung protein nabati, penting juga memenuhi kebutuhan vitamin dengan makan buah dan sayuran. Vitamin C berperan untuk mengurangi inflamasi paru-paru yang merupakan salah satu gejala COVID-19. Vitamin D dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan. Sedangkan zinc dapat membantu mempersingkat gejala hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, sakit tenggorokan, dan batuk sehingga menjadi lebih cepat sembuh. 

Makanan untuk pasien COVID-19

Pilihan makanan untuk pasien COVID-19 sebaiknya yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem imun dibangun ketika tubuh harus melawan segala sesuatu, mulai penyakit pilek, flu, hingga infeksi. Zat pembangun sistem imun dibantu oleh zat gizi mikro dalam makanan. Misalnya, antioksidan, vitamin, dan mineral. Semua zat itu bisa Anda peroleh dari buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.Berikut ini adalah 7 makanan untuk pasien COVID-19 yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh:

1. Jeruk

Tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin C, berarti Anda harus mendapatkannya dari makanan. Dikenal sebagai asam askorbat, vitamin C adalah nutrisi yang larut dalam air yang ditemukan dalam berbagai jenis jeruk. Jeruk bali, lemon, jeruk nipis, dan sebagainya dapat bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jumlah yang harus Anda konsumsi adalah 65-90 miligram sehari, atau setara dengan satu gelas kecil jus jeruk. Hampir semua jenis jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, jadi Anda bisa memilih jenis jeruk kesukaan Anda.

2. Brokoli

Mengonsumsi brokoli dan sayuran hijau lainnya amat disarankan untuk pasien Covid-19

Brokoli mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk sistem imun

Brokoli merupakan superfood yang mengandung vitamin A, C, serta E. Sayuran ini juga mengandung fitokimia yang baik untuk menjaga sistem imun. Ditambah lagi brokoli adalah sumber lutein, sulforaphane, dan antioksidan tinggi. Beberapa nutrisi tambahan lain dalam brokoli yaitu magnesium, fosfor, zinc, dan zat besi.Cara memasak brokoli yang paling baik adalah merebusnya setengah matang agar nutrisi di dalamnya tidak hilang.

3. Bawang putih

Makanan untuk pasien COVID-19 selanjutnya yaitu bawang putih. Sifat antivirus yang dikandung bawang putih dapat membantu mengurangi gejala pilek, flu, atau infeksi COVID-19.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih selama musim dingin lebih sedikit terkena flu dibanding mereka yang mengonsumsi pil plasebo. Bawang putih juga dapat memperpendek durasi pilek. Anda bisa mengonsumsi bawang putih segar maupun dalam bentuk suplemen.

4. Jahe

Salah satu makanan untuk pasien Covid-19 adalah jahe

Jahe dapat membantu kurangi sakit tenggorokan

Jahe adalah makanan untuk pasien COVID-19 agar dapat melawan virus di dalam tubuh. Jahe juga dapat mengurangi peradangan, dan pembengkakan kelenjar atau sakit tenggorokan dan peradangan lainnya.

Gingerol, senyawa bioaktif utama dalam jahe juga dapat mengurangi rasa sakit dan melawan mual, anti-inflamasi dan antioksidan tinggi. Bagi pasien COVID-19 disarankan untuk mengonsumsi 3-4 gram ekstrak jahe sehari, tapi jangan lebih dari 1 gram sehari jika Anda sedang hamil.

5. Bayam, kangkung, dan segala jenis dedaunan berwarna hijau gelap

Selain vitamin C yang tinggi, bayam juga mengandung antioksidan dan beta-karoten. Kedua zat ini juga diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Usahakan untuk makan 1 cangkir bayam segar atau sayuran berdaun gelap lainnya. Jangan terlalu lama memasak bayam, karena semakin layu, antioksidannya akan semakin berkurang. 

6. Almond

Vitamin E dalam kacang almond membantu meringankan pilek, flu, dan baik untuk meningkatkan sistem kekebalan. Vitamin E adalah molekul yang larut dalam lemak, artinya tubuh membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap.

Almond merupakan makanan untuk pasien COVID-19 yang sebaiknya dikonsumsi setengah cangkir atau 46 biji almond utuh per hari.

Meskipun baik untuk tubuh, dalam seperempat cangkir almond mengandung 162 kalori. Artinya dua kali lipat dari jumlah yang direkomendasikan. Agar kalori tidak berlebihan, Anda cukup menambahkan almond ke dalam smoothie atau makanan Anda.

7. Pepaya

Pepaya ternyata mengandung dua kali jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan dalam satu buah. Buah yang tumbuh di iklim tropis ini juga mengandung enzim yang disebut papain. Fungsinya ialah sebagai anti-inflamasi dan peradangan, yang merupakan salah satu faktor dalam kebanyakan penyakit.

Pepaya merupakan makanan untuk pasien COVID-19 karena mengandung kalium, vitamin B, dan folat. Folat atau vitamin B9 merupakan vitamin yang baik untuk menjaga sel tubuh agar sehat dan kuat.

Perlu diingat, makanan dan suplemen ini tidak bersifat menyembuhkan dan hanya membantu tubuh dapat berperang melawan virusnya. Tak hanya makanan yang disebutkan di atas saja, Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat lainnya dengan gizi seimbang. Selain itu, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu tentang dosis suplemen dan makanan yang Anda konsumsi kepada dokter Anda.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar makanan untuk pasien COVID-19, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

0 Komentar