Cara Cek Tagihan BPJS dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Tagihan BPJS dengan Mudah dan Cepat

Untuk mengetahui tarif BPJS Kesehatan yang kita miliki, bisa cek tagihan BPJS kesehatan melalui beberapa cara berikut ini.

Cek tagihan BPJS mungkin menjadi kebiasaan baru sebagian masyarakat. Sebab, sudah banyak orang yang memiliki asuransi pemerintah ini. BPJS Kesehatan adalah sebuah lembaga atau badan publik yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan. BPJS Kesehatan menjadi salah satu jaminan kesehatan nomor dua terbanyak yang dimiliki masyarakat. Lalu, ada beberapa layanan kesehatan yang bisa menggunakan BPJ Kesehatan, di antaranya:

Layanan kesehatan pada tingkat pertama, seperti layanan kesehatan non-spesifik. Layanan kesehatan rujukan tingkatan lanjut atau rumah sakit yang meliputi layanan rawat jalan dan rawat inap. Layanan bersalin. Layanan ini bisa dilakukan di fasilitas kesehatan pada tingkat pertama maupun tingkat lanjut. Namun, layanan ini hanya sampai pada anak ketiga tanpa menghitung anak yang hidup atau meninggal. Layanan ambulance. Ini untuk pasien yang membutuhkan rujukan ke faskes atau fasilitas kesehatan lain. BPJS Kesehatan juga bisa digunakan pada hampir seluruh jenis penyakit. Bukan hanya biaya pengobatan atau rawat inap yang ditanggung, begitu juga biaya operasi.  Beberapa penyakit yang di tanggung BPJS diantaranya; jantung, kanker, stroke, hipertensi, tumor, leukimia, diabeter melitus, asma, bronkitis, gagal ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Manfaat Berlangganan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah dan merupakan layanan asuransi yang bisa diakses masyarakat dengan lebih terjangkau. BPJS Kesehatan ternyata memberikan berbagai manfaat, diantaranya:

1. Semua penyakit ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Manfaat pertama yang akan Anda rasakan ketika menggunakan layanan BPJS kesehatan adalah seluruh penyakit ditanggung layanan ini. Anda juga akan mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai dengan kelas BPJS kesehatan yang anda miliki. Pedoman tentang pelayanan JKN ini tertuang dalam Permenkes Nomor 28 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa seluruh jenis penyakit akan di tanggung oleh BPJS.

2. Iuaran yang dibayarkan bisa menyesuaikan dengan kemampuan anda

Ada beberapa kelas yang biaya iuarannya berbeda-beda. Anda bisa memilih kelas yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda. Bpjs kesehatan juga merupakan asuransi yang relatif terjangkau. Hal tersebut dikarenakan terdapat subsidi silang dari pemerintah yang membuat biayanya lebih mudah dibandingkan jenis asuransi lainnya.

3. Jaminannya seumur hidup

Biasanya premi asuransi ada batas waktunya, tergantung dari kebiajakan perusahaan pengelola. Namun untuk BPJS kesehatan jaminannya seumur hidup dengan syarat anda harus menunuhi kewajiban dan patuh pada ketentuan yang berlaku.

4. Akses pembayaran bisa dilakukan dengan mudah

Keuntungan lainnya yang dimiliki oleh BPJS kesehatan adalah akses pembayarannya yang sangat mudah. Bpjs sudah bermitra dengan berbagai bank, e-cpmmerce, dan e-wallet sehingga bisa mempermudah akses pembayaran biaya jaminan kesehatan tersebut. Anda juga bisa membayar iauran BPJS melalui kantor pos terdekat atau datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

Tarif BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan ini tidaklah gratis, seperti asuransi jiwa lainnya, bagi anda yang ingin memiliki jaminan kesehatan ini ada iuran wajib yang harus anda bayarkan setiap bulannya. Menurut Pepres Nomor 64 Tahun 2020 ada beberapa kelas dari BPJS beserta dengan nominal iuaran yang berbeda-beda. Berikut rincian lengkapnya:

Tarif untuk peserta mandiri pekerja bukan penerima upah atau PBPU dan bukan pekerja BP:

  • Kelas 1 : Rp 150 ribu
  • Kelas 2 : Rp 100 ribu
  • Kelas 3 : Rp 35 ribu

Tarif untuk penerima upah atau PPU atau keryawan

  1. Karyawan membayar 1 persen dari total gaji
  2. Perusahaan membayar 4 persen dari total gaji karyawan
  3. Batas atas atau gaji maksimal yang dihitung rp 12 juta

Tarif untuk penerima bantuan iuran atau PBI

Iuaran BPJS Kesehatan akan dibayarkan oleh pemerintah sebesar Rp 42 ribu.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Untuk mengetahui tarif BPJS Kesehatan yang kita miliki, bisa cek tagihan BPJS kesehatan melalui beberapa cara berikut ini.

Cek Melalui Web Resmi BPJS

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang pertama adalah melalui website resmi dari BPJS. Langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke web BPJS melalui browser yang terpasang di handphone atau gadget yang anda miliki.
  2. Pilih menu “cek iuran”
  3. Isi data yang dibutuhkan seperti nomor kartu BPJS kesehatan, tanggal lahir, dan kode keamanan atau cptcha.
  4. Lanjutkan dengan klik “cek”.
  5. Tunggu sampai proses loading selesai dan lihat pada layar akan memunculkan daftar lengkap tagihan yang harus anda bayarkan termasuk denda jika memang ada keterlambatan pembayaran.
Cek Melalui Aplikasi JKN Mobile

Selain memalui website resmi dari bpjk kesehatan, anda juga bisa cek tagihan BPJS menggunakan aplikasi jkn mobile. Cara cek tagihan BPJS online ini sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi JKN Mobile pada ponsel pintar yang anda gunakan.
  2. Buka aplikasi JKN Mobile yang sudah terpasang pada ponsel pintar kemudian masuk dengan menggunakan nomor BPJS Kesehatan yang anda miliki.
  3. Lalu klik fitur “cek tagihan” dan pilih premi untuk mengetahui berapa tagihan yang harus anda bayarkan. Bukan hanya tagihan, disana juga akan ada informasi seputar denda yang harus anda bayarkan jika memang ada keterlambatan.

Tidak hanya digunakan sebagai cara cek tagihan BPJS kesehatan saja, JKN Mobile juga hadir dengan berbagai fitur menarik lainnya yang sangat membantu para pelanggan BPJS. Misalnya saja fitur untuk mengubah kelas atau fasilitas kesehatan yang ingin di tuju. Ada juga fitur konsultasi dengan dokter secara online. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua jenis ponsel pintar baik android maupun iOS.

Cek Melalui SMS Gateway

Cek tagihan BPJS selanjutnya bisa dengan menggunakan SMS Gateway. Cara ini bisa dilakukan jika anda sedang tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Kamu bisa mengirimkan pesan ke nomor 08777-5500-400 dengan mengirimkan data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA). Pilih salah satu saja untuk mengetahui berapa tagihan BPJS kesehatan yang harus anda bayarkan.

Untuk menggunakan sms gateway ada formatnya yaitu ketik Tagihan (spasi) NOKA atau NIK. Setelah mengirimkan SMS dengan format tersebut, anda akan mendapatkan infromasi seputar layanan BPJS kesehatan yang anda miliki seperti tagihan yang harus dibayar dan jumlah denda jika ada ketelambatan.

Cek Melalui Mesin ATM

Cara cek tagihan BPJS selanjutnya yaitu melalui mesin ATM. Beberapa bank seperti BRI, BNI, BCA, dan Mandiri memiliki layanan cek tagihan BPJS. Untuk mengecek tagihan BPJS melalui mesin ATM caranya sebagai berikut:

  1. Masukkan karto ATM dan PIN ATM anda.
  2. Pilih menu “transaksi lain”, kemudian pilih “pembayaran”.
  3. Selanjutnya anda bisa pilih “lainnya” dan pilih “BPJS”, lalu pilih “BPJS Kseshatan”.
  4. Masukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan yang anda miliki. Lalu pilih “Benar”.
  5. Tunggu sebentar, kemudian lihat pada layar ATM akan muncul jumlah tagihan yang harus anda bayarkan. Jika anda ingin langsung membayarkannya, anda bisa bisa pilih opsi “Ya”. Dan BPJS kesehatan anda sudah dibayarkan.
Cek Melalui Mobile Banking

Selain melalu ATM, anda juga bisa cek tagihan BPJS kesehatan melalui mobile banking. Misalnya dengan menggunakan BCA Mobile, caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi BCA mobile kemudian pilih menu “m-payment”.
  2. Selanjutnya anda bisa pilih opsi BPJS.
  3. Dan pilih BPJS Kesehatan. Lanjutkan dengan klik “Input No. Bayar”.
  4. Kemudian isi juga nomor JKN KIS BPJS Kesehatan yang anda miliki.
  5. Lalu klik “OK”. Selanjutnya klik “Send”.
  6. Tunggu beberapa saat kemudian akan muncul tagihan yang harus anda bayarkan.

Jika anda menggunakan mobile banking dari bank lain, caranya tidak jauh berbeda. Apabila anda merasa bingung atau ada kendala, anda bisa langsung menghubungi customer service dari bank yang anda gunakan. Hal yang perlu diingat ketika mengecek tagihan melalui mobile banking atau atm, anda harus mendampahkan 11 digit terakhir dari nomor kepersertaan anda.

Cek Melalui Call Center

Cara cek tagihan BPJS kesehatan lainnya yaitu dengan menghubungi call center BPJS kesehatan. anda bisa langung telpon call center di nomor 1500-400. Setelah itu, anda akan diminta untuk memberikan informasi pribadi terutama nomor kartu BPJS Kesehatan yang anda miliki. Nantinya anda akan diberikan informasi seputar jumlah tagian yang anda harus anda bayarkan. Selain via telepone, anda juga bisa mendatangi langung Mal Pelayanan Publik atau MPP yang biasanya ada di kota-kota besar.

Cek Melalui Mobile Customer Service atau MSC

Selain call center, ada juga mobile customer service yang bisa anda hubungi untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS kesehatan yang anda miliki. Layanan ini merupakan layanan jemput bola yang dimiliki oleh bjp. Layanan ini dalam bentuk mobil keliling yang hadir di tempat-tempat tertentu. Anda bisa langsung mendatangi mobile tersebut dan bertanya kepada petugas untuk mengetahui tagihan yang harus anda bayarkan.

Cek Melalui E-Commerce

E-commerce atau platform belanja online juga bisa menjadi salah satu cara cek tagihan BPJS online dengan mudah. Salah satu e-commerce yang bekerja sama dengan BPJS adalah Tokopedia. Melalui Tokopedia anda bisa cek tagihan BPJS yang anda miliki. Cara melihat tagihan BPJS melalui e-commerce, sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu situs atau aplikasi e-commerce tersebut.
  2. Masuk atau login akun e-commerce tersebut, jika belum memilikinya anda bisa membuatnya terlebih dahulu.
  3. Pilih menu tagihan. Lalu klik BPJS dan ceklis bagian Kesehatan.
  4. Masukkan nomor virtual account BPJS kesehatan yanga nda miliki.
  5. Kemudian klik bayar, maka secara otomatis akan muncul tagihan yang harus dibayarkan.
  6. Jika ingin langsung membayarnya, anda bisa klik lanjut, kemudian pilih metode pembayaran. Dan klik bayar.
Cek Melalui E-Wallet

Bukan hanya e-commerce, anda juga bisa cek tagihan BPJS melalui e-wallet seperti LinkAja, Dana, Ovo, Gopay dan beberapa e-wallet lainnya. Berikut ini cara untuk cek tagihan dari BPJS kesehatan menggunakan e-wallet LinkAja dengan mudah dan cepat:

  1. Download dan instal terlebih dahulu aplikasi e-wallet tersebut di play store atau app store sesuai dengan jenis ponsel pintar yang anda gunakan.
  2. Login untuk anda sudah memiliki akun, namun jika belum anda bisa daftar akun terlebih dahulu. Dan isikan semua data yang dibutuhkan sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  3. Apabila akun anda sudah terdaftar, anda bisa langsung pilih menu “Lainnya” yang ada pada halaman utama.
  4. Setelah itu pilih opsi “beli/bayar tagihan”.
  5. Kemudian lanjutkan dengan pilih “asuransi” dan pilih “BPJS Kesehatan”.
  6. Masukkan nomor ID pelanggan LinkAja dan nomor peserta BPJS kesehatan.
  7. Jika sudah, anda akan melihat informasi seperti nama peserta, nomor BPJS Kesehatan, biaya admin, jumlah tagihan, dan jumlah keseluruhan yang harus dibayarkan.
Cek Melalui Chat Assistant

Cara lain untuk cek tagihan BPJS adalah dengan chat ke nomor 08118750400. Anda bisa menghubungi nomor tersebut dengan menggunakan aplikasi pengirim pesan seperti whatsapp dan telegram yang kini sudah mudah anda miliki di ponsel pintar. Selain melalui telegram dan whatsapp, chat assistant juga bisa melalui Facebook Messenger milik BPJS Kesehatan.

Cek di Kantor BPJS Terdekat

Cara cek tagihan BPJS berikutnya yakni dengan langsung mendatangi kantor BPJS terdekat. Setiap kota atau daerah pasti memiliki kantor cabang BPJS yang berfungsi memberikan layanan kepada masyarakat dengan cepat dan ramah. Anda bisa mendatangi kantor tersebut saat hari kerja dan bertemu dengan petugas lalu bertanya langsung terkait tagihan BPJS kesehatan yang harus anda bayarkan pada bulan tersebut.

Cara Bayar BPJS Kesehatan

Ada beberapa cara membayar BPJS kesehatan yang bisa anda pilih sesuai dengan kenyamannya anda. Berikut daftar pilihan metode pembayaran BPJS kesehatan yang bisa anda pilih.

1. Bayar Melalui ATM

Cara pertama yang bisa anda pilih yaitu membayar melalui ATM bank Mandiri, BNI, atau BRI terdekat. Untuk membayar melalui ATM anda heus menambahkan kode 88888 untuk pembayaran melalui BRI dan BNI, dan 89888 untuk pembayaran melalui Bank Mandiri. Untuk pembayaran melalui ATM anda pilih opsi pembayaran lalu mencari pilihan BPJS Kesehatan, masukkan nomor virtual account dan bayarkan sejumlah tagihan yang dibebankan kepada anda pada bulan tersebut.

2. Bayar Melalui Kantor Pos

Selain melakukan pembayaran mandiri melalui ATM, anda juga bisa bayar tagihan BPJS kesehatan melalui kantor pos. Cara ini terbilang sangat simpel, yang perlu anda persiapkan yaitu data pribadi seperti nomor kartu BPJS dan NIK jika di perlukan. Petugas kantor pos akan membantu anda untuk menyelesaikan tahapan pembayaran dengan mudah. Pilihan kantor pos juga dapat anda pilih jika disekitar tempat tinggal anda tidak ada ATM atau akses internet untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan cara online.

3. Bayar Melalui Minimarket

Selain kantor pos, anda juga bisa membayar tagihan BPJS kesehatan melalui minimarket yang saat ini sudah banyak tersebar di berbagai daerah termasuk pedesaan. Anda cukup datang ke minimarket tersebut dengan membawa kartu BPJS kesehatan lalu meminta kasir minimarket untuk membantu anda dalam menyelesaikan proses pembayar BPJS kesehatan. Namun dengan membayar melalui minimarket ini, anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2500 untuk anda yang berada dalam kelas 2 BPJS kesehatan.

4. Bayar Melalui E-commerce

BPJS Kesehatan juga bekerja sama dengan beberapa e-commerce yang dekat dengan masyarakat. Sehingga Anda tidak hanya menggunakan e-commerce tersebut untuk belanja online saja, namun juga bisa digunakan untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan. Bahkan ketika membayar melalui e-commerce, tak jaranga Anda akan menjumpai promo spesial seperti cashback.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui mulai dari manfaat BPJS Kesehatan, tarif BPJS kesehatan, cek tagihan BPJS, sampai beberapa pilihan cara untuk membayar tagihan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “11 Cara Cek Tagihan BPJS dengan Mudah dan Cepat” , https://katadata.co.id/redaksi/berita/60e41d08ac861/11-cara-cek-tagihan-bpjs-dengan-mudah-dan-cepat
Penulis: Siti Nur Aeni
Editor: Redaksi

0 Komentar

Kerja sama

  • BPJS
  • JPKM
  • PTBA
  • Jasa Raharja
  • PT. KAI
  • SHM
  • PLN

Scan me for better services

Survei Kepuasan Pelanggan

Kalender

Januari 2022
SSRKJSM
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31 

Kenapa Memilih Kami?

  1. Memberikan Pelayanan Yang Memuaskan Kepada Masyarakat
  2. Bekerjasama Dengan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM)
  3. Pelayanan Administrasi Dengan SIMRS