Hari Donor Darah Sedunia

Hari Donor Darah Sedunia

Hari ini, 14 Juni menjadi peringatan Hari Donor Darah Sedunia. Tahun ini, World Health Organization (WHO) mengusung tema “Give blood and keep the world beating” dengan tujuan agar masyarakat dunia memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya kesehatan mendonor darah.

Mendonorkan darah tidak hanya untuk tujuan transfusi saja, tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari laman ICRC, sumbangan darah dari satu orang dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa dan disebut-sebut jika donor tersebut dibutuhkan setiap dua detik. Untuk itu, donor darah bisa menjadi salah satu momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan.

Tak hanya memberi manfaat untuk penerima, pendonor juga bisa mendapatkan manfaat donor darah bagi kesehatan sendiri. Cukup memberikan sedikit darah dalam tubuh, atau sekitar 480 mililiter, seseorang dapat memberi kebahagiaan kepada sesama dan mendapatkan manfaatnya.

Perayaan dan Tema Hari Donor Darah Sedunia

Tahun 2021 ini, Hari Donor Darah Sedunia mengusung tema “Give Blood and Keep the World Beating.” Adapun makna dari tema ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi pendonoran darah agar dapat berguna bagi kesehatan masyarakat. Selain itu, tujuan utama dari kampanya tahun ini yaitu mempromosikan nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi jika mendonorkan darah bagi kesehatan publik.

Hampir setiap negara akan memperingati Hari Donor Darah Sedunia dengan beragam cara, tak terkecuali di Indonesia. Dikutip dari pmi.or.id, peringatan Hari Donor Darah Sedunia di Jakarta sendiri akan diwarnai dengan aksi pergerakan masyarakat untuk donor darah secara sukarela sepanjang bulan Juni dengan menjaring 22 ribu donor. Masyarakat tidak perlu khawatir mendonorkan darah di masa Pandemi Covid-19, karena donor darah itu aman dan sehat.

Pentingnya Donor Darah untuk Kesehatan

Seperti yang sudah diketahui, darah adalah salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan Anda untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau beberapa nyawa sekaligus. Tak hanya memberi manfaat untuk penerima, sebagai pendonor, Anda juga bisa merasakan manfaat bagi kesehatan sendiri.

Dikutip dari Healthline, donor darah memungkinkan Anda memberikan sedikit darah dalam tubuh. Umumnya, darah yang diambil yaitu sebanyak 480 mililiter. Di mana pria boleh mendonorkan darahnya setiap 12 minggu dan wanita bisa memberikan darahnya setiap 16 minggu, maksimal 5 kali dalam 2 tahun. Pasalnya, pria memiliki lebih banyak persediaan zat besi daripada wanita.

Setelah itu, darah yang didonorkan akan diperiksa dan diuji keamanannya serta dikelompokkan berdasarkan golongan darah. Hal ini bertujuan agar darah yang diberikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasien. Adapun beberapa kondisi yang membutuhkan donor darah antara lain transplantasi organ, kanker, anemia, kecelakaan,dan hemofilia.

Tak hanya bermanfaat untuk pasien, ada beragam manfaat yang didapatkan pendonor jika dilakukan secara rutin. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan donor darah, yaitu menurunkan risiko kanker, mencegah penyakit jantung, membantu menurunkan berat badan, dan dapat mendeteksi penyakit serius. [jen]

Sumber: Merdeka.com

0 Komentar

Kerja sama

  • BPJS
  • JPKM
  • PTBA
  • Jasa Raharja
  • PT. KAI
  • SHM
  • PLN

Scan me for better services

Survei Kepuasan Pelanggan

Kalender

Januari 2022
SSRKJSM
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31 

Kenapa Memilih Kami?

  1. Memberikan Pelayanan Yang Memuaskan Kepada Masyarakat
  2. Bekerjasama Dengan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM)
  3. Pelayanan Administrasi Dengan SIMRS