Tingkatkan Imun dengan Olahraga Rutin

Dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, tubuh yang sehat dan kuat merupakan modal awal yang harus dimiliki oleh masyarakat agar terhindar dari paparan virus. Sebagai salah satu bagian dari Perilaku Hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah aktivitas fisik. Aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan secara rutin memegang peran cukup penting. Menurut penelitian yang dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, aktivitas fisik dengan intensitas dan durasi sedang terbukti mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Menurut beberapa penelitian, selain untuk kesehatan fisik, olahraga juga mampu memberikan dampak positif terhadap kondisi kesehatan mental seseorang diakibatkan adanya penerapan karantina dan isolasi akibat pandemi Covid-19. 

Jenis Olahraga Ringan di Masa Pandemi

Banyak cara dan metoda melakukan olahraga ringan di masa pandemi ini agar masyarakat termotivasi untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh masyarakat di dalam rumah selama pandemi Covid-19 berlangsung, yaitu sebagai berikut.

  1. Kardio

Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang berfokus terhadap pembakaran lemak dan mudah membuat tubuh menjadi berkeringat, diantaranya adalah olahraga dengan menggunakan sepeda statis, skipping, dan juga treadmil.

  1. Senam Aerobik

Sebagai salah satu jenis olahraga yang cukup mudah dilakukan dan tanpa peralatan khusus. Senam merupakan olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat. Kita dapat melakukan senam hanya dengan mengikuti video tutorial di Youtube atau melalui video conference bersama dengan teman-teman dan instruktur senam.

  1. Yoga

Olahraga yoga mungkin memiliki kesan olahraga ringan dan mudah untuk dilakukan, namun apabila bersungguh-sungguh, Yoga sangat efektif untuk membakar lemak. Tidak hanya itu, beberapa gerakan Yoga juga terbukti membuat seseorang lebih merasakan ketenangan.

Dengan menerapkan beberapa jenis olahraga di atas, diharapkan mampu memberikan kesehatan kepada tubuh selama menjalani keseharian di masa pandemi Covid-19. Tetap jalankan protokol kesehatan dengan baik di setiap aktivitas, dan segera melakukan Vaksinasi Covid-19 dosis lengkap maupun booster untuk mengurangi angka rawat inap dan kematian akibat paparan Covid-19.

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH
Marsha Anindita, S.Ds
Astasari, S.Sos, MKM
Sumber :
https://dinkes.batam.go.id/2021/04/16/olahraga-di-masa-pandemi-covid-19/ 
0 Komentar